Penyebab sinyal Smartfren hilang

 

Smartfren

Meskipun memiliki harga paket dan layanan yang sangat murah, pengguna paket Smartfren terkadang mengalami masalah pada jaringan, seperti sinyal hilang / tidak muncul, layanan tidak tersedia, dan panggilan darurat saja. 


Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut terjadi. Untuk mengetahuinya, simak beberapa poin penyebab berikut ini.


Smartfren sedang dalam perawatan (maintenance) – Smartfren lebih sering melakukan perawatan jaringan pada malam hari (antara jam 00.00 sampai jam 03.00 pagi). Jadi apabila mengalami masalah jaringan pada jam tersebut, tunggu selama beberapa saat sampai Smartfren normal kembali.


Area belum mendukung teknologi 4G Smartfren – Kemungkinan lokasi / area yang di tempati tidak mendukung jaringan 4G Smartfren sehingga sinyal tidak muncul sama sekali. Untuk memastikan tersedia atau tidaknya jaringan, coba searching jaringan secara manual.


Sinyal di tempat kurang bagus / tidak stabil – Kemungkinan lain, sinyal Smartfren di lokasi kamu kurang bagus / tidak sabil. Kondisi ini sangat wajar karena setiap provider memiliki kualitas dan cakupan wilayah yang berbeda-beda.


Smartphone belum support 4G – Coba cek apakah smartphone yang digunakan telah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika tidak, sampai kapan pun sinyal Smartfren tidak akan muncul atau tidak tersedia.


Opsi jaringan pernah alihkan ke operator lain – Ada kemungkinan peralihan jaringan menyebabkan masalah jaringan/ tidak muncul. 


Mati lampu – Mati lampu juga dapat menjadi jadi penyebab jaringan hilang. Hal ini beralasan karena mati lampu menyebabkan tower BTS ikut mati. Smartphone tidak dapat menangkap sinyal dari tower BTS terdekat dan harus mencari koneksi ke tower BTS lainnya.


Cuaca buruk – Cuaca buruk seperti hujan deras disertai angin dan petir dapat menyebabkan lalu lintas jaringan terganggu. Hal ini beralasan karena jaringan seluler menggunakan frekuensi radio yang sangat bergantung pada kondisi cuaca.


Post a Comment

0 Comments