Kebutuhan Asam Folat Bagi Kehamilan


Asam folat dikenal sebagai salah satu zat atau nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi. Nutrisi ini mengandung vitamin B9 yang sangat baik untuk kesehatan saraf dan mencegah kecacatan otak. Tidak heran jika seorang ibu yang tengah hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak-banyaknya. 

Banyak ibu-ibu hamil di luar sana yang masih tidak sadar akan pentingnya asam folat untuk ibu hamil. Hal ini jika dibiarkan akan menumbuhkan angka kecacatan bayi yang tinggi, terutama cacat saraf. Maka dari itu seorang ibu hamil harus benar-benar memperhatikan konsumsi asam folatnya selama ia hamil. 

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Dengan penjelasan di awal tentunya kini Anda mulai tahu bahwa asam folat memiliki peran yang sangat penting untuk ibu hamil. Lantas tahukah Anda apa saja manfaat dari asam folat ini? Mari simak beberapa ulasan manfaatnya berikut ini 

1. Mencegah Terjadinya Keguguran
Asam folat yang dikonsumsi baik sebelum masa kehamilan maupun saat hamil muda akan sangat membantu guna mencegah terjadinya keguguran. Hal ini karena asam folat dipercaya dapat menguatkan kandungan. Selain itu kelahiran prematur juga dapat terhindar dengan rajin konsumsi asam folat.

2. Menambah Darah Dan Mencegah Terjadinya Anemia
Kasus anemia pada ibu hamil sangat berbahaya dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini karena jika si ibu hamil nyawanya dan nyawa si bayi bisa terancam. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi banyak komplikasi saat kehamilan terjadi. Oleh karenanya asam folat yang berfungsi menambah darah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. 

3. Mencegah Terjadinya Preeklamsia
Preeklamsia merupakan suatu keadaan dimana pada masa kehamilan si ibu mengalami gangguan seperti bengkak-bengkak, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Jika keadaan tersebut sampai terjadi, maka selanjutnya yang akan dialami adalah kejang-kejang pada saat hamil dan bayi terlahir dengan berat badan kurang. Hal ini sangat membahayakan kondisi ibu dan si bayi. 

4. Memenuhi Kesehatan Saraf Si Calon Bayi
Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa asam folat sangat baik untuk kesehatan saraf bayi, oleh karenanya sejak dalam kandungan si ibu harus rutin memberikan kandungan asam folat agar si bayi bisa bertumbuh kembang dengan baik sesuai normalnya. 

Informasi terkait pentingnya asupan asam folat untuk setiap ibu hamil di atas bisa menjadi pelajaran penting yang harus Anda perhatikan. Untuk informasi kehamilan yang lebih mendetail Anda bisa kunjungi laman http://www.guesehat.com/tips-agar-luka-cepat-kering. Di sini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kehamilan yang lebih mendetail melalui beberapa menu di dalamnya. 

Post a Comment

0 Comments