Tanda-tanda Kamu Mengalami Gangguan Kecemasan

Tanda Gangguan Kecemasan

Orang yang sedang merasa cemas tentu adalah kondisi yang normal. Seperti sedang mau ujian, wawancara kerja, dan sebagainya, gugup atau cemas adalah reaksi yang pasti akan dialami setiap orang. Tapi, ada sebagian orang yang mengalaminya terlalu berlebihan, karena orang itu berarti sedang mengalami gangguan kecemasan

Kecemasan normal atau yang sudah menjadi gangguan dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak gampang dibedakan. Tapi, agar kamu bisa tahu apakah kamu mengalami kecemasan normal atau tidak, kamu bisa melihatnya dari tanda-tanda di bawah ini. 

Terlalu Khawatir Berlebihan
Kecemasan umum atau Generalize Anxiety Disorder (GAD) merupakan gangguan kecemasan spektrumnya jauh lebih luas. Orang yang mengalaminya akan terus merasa cemas dalam jangka waktu yang lama, entah selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 

Kalau sudah semakin parah, akan gampang mengganggu kegiatannya sehari-hari karena kondisinya yang cepat lelah disertai kepala sering pusing. 

Ketakutan Irasional
Ada kecemasan yang terkadang tidak normal dan itu biasanya adalah hal-hal yang sepele, seperti takut hewan, takut terbang, atau lainnya. Kalau rasa takutnya itu sudah terlewat batas, artinya orang itu menderita fobia. 

Fobia awalnya tidak gampang diketahui sampai penderitanya langsung bertemu dengan penyebab yang ditakutinya. Misalkan ketika kamu sering melihat gambar ular, kamu masih biasa-biasa saja. Tapi setelah kamu berada di alam terbuka dan bertemu langsung dengan ular, kamu baru sadar kalau kamu fobia ular. 

Masalah Tidur
Tanda-tanda gangguan kecemasan yang paling umum adalah masalah tidur. Sudah tidur menjadi kondisi yang tidak wajar karena orang itu bisa saja sedang mengalami penyakit tertentu atau kondisi psikologisnya tidak wajar. Tidak sedikit orang akan menjadi susah tidur ketika sedang dihadapi masalah, apalagi masalahnya yang rumit. 

Kalau kamu sering tidak bisa tidur dan terus memikirkan masalah, entah yang ringan atau besar, bisa jadi tanda penderita GAD. Lebih baik kamu konsultasi dengan dokter atau psikiater buat mengatasi masalah tidurmu ini. 

Otot Menjadi Tegang
Otot yang menjadi tegang secara tiba-tiba dengan mengepalkan rahang dan tinju selalu menjadi tanda gangguan kecemasan. Tanda-tanda ini sering tidak disadari oleh penderitanya, sehingga bisa berlangsung sangat lama. 

Lebih baik rajin berolahraga agar membantu kamu mengontrol ototnya tidak gampang tegang. Tapi, ketegangannya bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa kamu ketahui kalau kecemasanmu kambuh lagi. 

Serangan Panik
Panik sebenarnya masih termasuk kondisi wajar ketika orang merasa cemas. Tapi kalau sudah parah, menandakan orang itu mengalami serangan panik. Kondisi itu membuat penderitanya merasa ketakutan yang luar biasa sampai terasa tidak berdaya. 

Serangannya ini bisa terjadi hanya sebentar, tapi sebagian orang juga akan mengalaminya sampai berjam-jam. Biasanya penderitanya akan menghindari tempat-tempat yang membuatnya panik. 

Kalau kamu mulai merasakan tanda-tanda di atas, kemungkinan kamu mengalami gangguan kecemasan. Tapi, ada beberapa jenis kecemasan yang dibedakan tingkat keparahannya. Tidak ada salahnya kamu konsultasi dengan dokter atau psikiater buat mengetahuinya lebih lanjut.

Post a Comment

0 Comments