3 Peluang Usaha Pada Sektor Pertanian Yang Menguntungkan

Pertanian BKPM

Peluang Usaha Pada Sektor Pertanian Yang Menguntungkan - Sektor pertanian di Indonesia masih menyediakan peluang usaha yang sebenarnya cukup menjanjikan jika saja kita jeli melihatnya. Berbagai usaha bisa dilakukan terkait bidang pertanian, meski ini tidak selalu dalam bentuk cocok tanam. Ya, hal –hal yang masih berkaitan dengan bertani bisa kita jadikan usaha, seperti halnya usaha berikut ini:

Menanam Padi
Padi merupakan bahan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak heran jika sejak dulu hingga sekarang, orang-orang yang berprofesi sebagai petani bisa mencukupi kehidupannya. Usaha menanam padi tidak hanya dapat dinikmati sendiri tetapi juga dijual untuk mendapatkan uang guna membeli kebutuhan hidup lain. 

Jika anda memilki lahan yang cukup dan bisa diolah menjadi lahan menanam padi, anda tentu bisa menjalankan usaha ini. Hanya saja, saat ini pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap pelaku usaha ini agar harga beras tidak jatuh sehingga menyebabkan kerugian bagi petani. Selain itu, hendaknya pemerintah juga memberikan bantuan seperti penyediaan mesin dan fasilitas pertanian bagi petani yang memiliki keterbatasan biaya agar usaha yang dijalankan bisa optimal dan menghasilkan keuntungan. 

Menjual Pupuk Organik
Salah satu usaha pertanian yang menjanjikan tidak selalu bergerak dalam bidang cocok tanam, namun juga bisa dilakukan dengan cara menjual barang yang dapat menunjang kualitas hasil pertanian misalnya pupuk.

Sebagian besar petani memerlukan pupuk untuk meningkatkan kesuburan tanah dan juga agar kualitas hasil tanaman baik. Apabila anda tidak memiliki skill dalam bidang pertanian secara langsung, tidak ada salahnya mencoba usaha ini. 
Peluang usaha berjualan pupuk organik bisa sangat menguntungkan jika didaerah anda atau sekitar tempat usaha merupakan area yang dekat dengan perkebunan atau banyak masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai petani.

Penyewaan/Jual Alat Pertanian
Jenis usaha dalam sektor pertanian lainnya yang tidak harus berkutat dengan cocok tanam adalah penyewaan atau jual alat pertanian. Ada beberapa alat yang biasa diperlukan saat bertani, misalnya cangkul, celurit, mesin penggiling padi hingga mesin traktor yang digunakan untuk jenis pertanian skala besar. Anda bisa menjadikan ini sebagai peluang usaha, tinggal memilih ingin menjual atau menyewakan.

Itu tadi 3 jenis usaha yang sebagian justru tidak langsung berhubungan dengan cocok tanam namun sangat erat kaitannya dengan pertanian. Apapun usaha yang dipilih, pastikan anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai usaha yang akan dijalankan. Semoga sukses!

Post a Comment

0 Comments