6 Kiat Hemat Berlibur ke Luar Negeri

Tips Traveling Liburan Luar Negeri

Rencanakan selalu liburan Anda jauh hari sebelumnya, selain Anda bisa lebih hemat, perencanaan liburan yang Anda buat tentu akan lebih matang. Terutama bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri, di mana tiket perjalanan pesawat dan biaya hidup di negara tersebut banyak kali tidak murah. Namun, ada beberapa siasat yang bisa Anda ikuti dan terapkan dalam menyusun perjalanan liburan Anda di luar negeri.

1.       Pesan Tiket dari Jauh Hari
Strategi mencari harga tiket pesawat murah promo bisa Anda lakukan sejak 6 sampai 10 bulan sebelum waktu keberangkatan ke negara yang Anda tuju. Dengan cara ini Anda sudah bisa berhemat pengeluaran liburan, dan mengantisipasi kemungkinan tiket habis terjual atau harga tiket semakin mahal karena waktu membeli yang terlalu dekat dengan keberangkatan.

2.       Menabung
Ketika Anda sudah membeli tiket dari jauh hari, sejak saat itu pula Anda perlu mulai menabung. Sisihkan misalnya setiap minggu 100 ribu sampai dengan bulan Anda berangkat berlibur. Setidaknya untuk 6 bulan ke depan saja Anda sudah bisa menambah 2.4 juta ke dalam anggaran liburan yang Anda buat.

3.       Bagi Anggaran Liburan
Agar lebih mudah mengendalikan pengeluaran selama liburan, pisahkan dana Anda menurut tiga jenis pengeluarannya. Pertama, biaya tiket berangkat dan pulang kembali. Kedua, biaya hidup selama liburan di negara tujuan, seperti hotel, transportasi, dan makan sehari. Kalau makan Anda tergolong sedikit, Anda bisa membeli satu porsi menu untuk dua kali makan atau cukup membeli setengah porsi saja. Terakhir, bagi dana untuk pengeluaran belanja dan oleh-oleh.

4.       Merancang Rencana Perjalanan
Catat tempat-tempat tujuan dan hal-hal yang ingin Anda lakukan selama liburan. Simulasikan dalam bayangan, berapa lama durasi yang kira-kira dibutuhkan saat mengunjungi setiap tempat tujuan, perhitungkan waktunya secara fleksibel agar Anda tetap nyaman dalam menikmati liburan. Cari dulu informasi mengenai tempat tujuan, perjalanannya, dan biayanya, sebagai panduan dalam menyusun rancangan liburan Anda. Otomatis Anda pun punya gambaran yang lebih akurat untuk mewujudkan liburan idaman Anda.

5.       Disiplin dan Bijak Mengeluarkan Uang
Bawa uang tunai sejumlah anggaran biaya liburan yang Anda buat sebelum berangkat, lebihkan kira-kira 10 hingga 20 persen. Usahakan disiplin mengikuti anggaran tersebut untuk mencegah pengeluaran yang membengkak. Gunakan kartu kredit hanya untuk pengeluaran tak terduga dan bukan untuk berbelanja. Anda tentu tidak ingin menyesal kemudian setelah pulang liburan, hanya gara-gara Anda tidak bisa menahan keinginan berbelanja Anda.  

6.         Hidup Bak Warga Lokal
Cobalah mengikuti kebiasaan warga lokal di negara tujuan Anda, seperti mencoba makanan lokal, yang biasanya dijual lebih murah dan mudah ditemui dibandingkan restoran untuk turis. Pilih transportasi lokal seperti bus umum atau MRT untuk mengantar Anda ke berbagai tempat, ketimbang taksi yang tarifnya lebih mahal. Berbelanjalah ke toko-toko, pasar, bahkan kios barang bekas, yang kerap disinggahi warga lokal. Kalau beruntung Anda bisa mendapatkan barang-barang bagus berharga miring, yang akan membuat pengalaman belanja Anda lebih seru dan menyenangkan.

Kecerdasan dan kepiawaian Anda dalam merancang rencana liburan, menyusun anggaran biaya, serta bijak dalam menjalaninya, akan membuat diri Anda tak ada halangan untuk mewujudkan liburan kemana pun yang Anda idamkan.

Post a Comment

0 Comments