Promo Raize Terbaru Dengan Mesin 3 Silinder

 

Promo Raize Jakarta

Siapa yang tidak kenal Toyota? Salah satu merek mobil terkenal di dunia bahkan di Indonesia. Toyota sudah banyak menghadirkan berbagai pilihan jenis, merek, tipe, dan varian mobil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tentunya harga yang beragam. Salah satu yang berhasil menarik perhatian yaitu Toyota Raize dengan berbagai penawaran promo Raize .

Saat diluncurkan, Toyota Raize menghadirkan crossover kompak modern yang gesit, efisien, dan penuh fitur. Salah satu daya tarik utamanya adalah mesin 3 silinder segaris yang digunakan. Dengan kapasitas hanya 1.000 cc namun ditenagai turbo, mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi 120 Nm. 

Namun dengan peningkatan performa di atas, Toyota Raize mampu memberikan performa yang sama dengan mesin 1300 cc namun dengan perpindahan atau displacement yang lebih kecil. Selain turbo, senjata utama crossover kompak ini adalah penggunaan mesin 3 silinder. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan mesin 3 silinder? Dan karakternya? Mengapa banyak yang menggemari Promo Raize Terbaru ini?

Mesin 3 Silinder Toyota Raize

1. Fokus pada efisiensi

Toyota Raize bukanlah yang pertama menggunakan mesin 3 silinder segaris. Di Indonesia, tren penggunaan mesin 3 silinder pertama telah dipopulerkan sebelumnya sejak diperkenalkan pada tahun 2003. Sejak itu, sejumlah pabrikan juga mengikutinya karena popularitas tersebut termasuk Toyota di mana mesin 3 silinder segaris ini memang memberikan banyak keunggulan pada mobil yang menggunakannya.

Tujuan penggunaan mesin 3 silinder ini adalah karena efisiensinya. Dengan silinder atau ruang bakar yang lebih sedikit, juga membutuhkan pengiriman bahan bakar yang lebih efisien. Selain itu, dengan jumlah silinder yang lebih sedikit, penggunaan komponen juga diminimalkan. Dengan demikian sangat mungkin untuk mengurangi biaya produksi yang dapat ditekan dengan lebih baik tanpa memberikan dampak kerugian. 

Sementara dari segi ukuran, mesin 3 silinder ini juga lebih kompak, sehingga hanya membutuhkan kompartemen mesin yang lebih kecil. Dengan sederet keunggulan, konstruksi mesin ini sering digunakan pada mobil kompak dan terjangkau. Sebut saja dari city car, urban crossover car hingga low cost green car (LCGC). 

Bahkan baru-baru ini, mesin berpenggerak ganjil ini juga mulai digunakan pada mobil-mobil berperforma tinggi. Misalnya saja Toyota GR Yaris menggunakan mesin 3-silinder 1,5 liter dan 1,6 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 280 tenaga kuda!

2. Karakter torsi kuat di putaran bawah dan getaran yang lebih besar

Selain kelebihan, mesin compact ini juga memiliki ciri dan kelemahan tersendiri. Yang pertama adalah perasaan bahwa karakter getaran yang lebih kuat. Hal ini disebabkan karena jumlah silinder yang ganjil, sehingga menghasilkan getaran yang tidak merata dari mesin idling. Hal ini bisa disiasati oleh pabrikan dengan menggunakan dudukan motor yang didesain khusus, sehingga mampu meredam getaran lebih optimal. 

Fitur luar biasa lainnya adalah karakteristik torsi yang lebih kuat pada rpm rendah namun terbatas pada "pernapasan" pada rpm tinggi. Kepribadian khusus ini dikendalikan dengan memainkan rasio pada gear box dan skor akhir. 

Selain itu, beberapa pabrikan juga mengatasi masalah ini dengan menggunakan turbo tambahan untuk menghasilkan tenaga yang lebih optimal pada putaran tertinggi. Mengingat kelebihan dan kekurangan mesin 3 silinder ini, tentunya lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.

Meskipun memiliki sedikit kekurangan pada mesin yang digunakan, mesin 3 silinder ini tetap unggu digunakan pada Toyota Raize karena pabrikan yang merancang Toyota Raize sebaik mungkin sehingga mesin bisa bekerja optimal tanpa adanya gangguan. Temukan berbagai penawaran promo Raize Jakarta di Toyota Astrido.


Post a Comment

0 Comments