Fakta Mengenai Barcelona di Liga Champion Eropa

Barcelona

Siapa yang tidak kenal dengan klub sepakbola terkenal dunia, Barcelona. Semua pecinta sepakbola di dunia pasti tidak asing dengan nama tersebut. Dalam satu dekade belakangan ini, klub Barcelona dianggap sebagai salah satu klub terbaik dunia, bukan hanya di kancah domestik tapi juga di kancah Internasional. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, namun dilihat dari prestasi nyata yang mereka tunjukkan, salah satunya dalam kompetisi Liga Champion. Berbicara soal partisipasi Barcelona dalam kompetisi Liga Champion, ada beberapa fakta menarik yang jarang diketahui oleh publik. Berikut ini fakta menarik mengenai Barcelona di Liga Champion Eropa

5 kali juara Liga Champion Eropa
Barcelona adalah juara bertahan La Liga Spanyol yang juga tercatat sebagai lima klub sepakbola yang memiliki gelar terbanyak dalam kompetisi Liga Champion Eropa. Faktanya, total sudah sebanyak lima trofi yang dimenangkan oleh Barcelona, jumlah yang sama dengan Liverpool dan Bayern Munchen. Barcelona pertama kali memenangkan Liga Champion Eropa pada tahun 1992, tepat sebelum format kompetisi ini berubah dari piala eropa pada musim 1992/1993. Dan empat gelar lainnya dimenangkan oleh Barcelona saat format sudah menjadi Liga Champion Eropa. Empat gelar lainnya dimenangkan Barcelona pada tahun 2006, 2009 dan juga menjadi tahun treble winner pertama mereka, dan tahun 2011 dan 2015 yang menjadikan klub ini sebagai klub pertama yang memenangkan dua treble winner dalam sejarah.

8 kali melangkah ke final
Barcelona berhasil 5 kali menjuarai Liga Champion yang tercatat dalam sejarah dan berhasil melaju ke final sebanyak 8 kali. Ada 3 kali pertandingan final yang gagal dimenangkan oleh Barcelona. Kekalahan pertama Barcelona pada tahun 1961 ketika melawan Benfica dengan hasil akhir 3-2. Kegagalan keduanya adalah pada tahun 1986 melawan steaua Bucuresti. Dan terakhir kali Barcelona kalah ketika melawan AC Milan dengan skor telak 0-4 pada pertandingan final tahun 1994 silam. Sejak kekalahan tersebut, Barcelona tidak pernah lagi kalah pada partai final yang mereka mainkan. Barcelona sukses memenangkan pertandingan final pada tahun 2006, 2009, 2011, dan 2015. 

Selalu lolos ke perempat final dalam 10 tahun terakhir
Barcelona memang termasuk kedalam klub sepakbola tersukses dunia, setidaknya dalam satu dekade terakhir. Faktanya Barcelona masuk final tiga kali dalam dekade ini, dan selalu masuk ke babak perempat final selama 10 tahun terakhir secara berturut-turut. Namun untuk tiga tahun terakhir, Barcelona hanya mampu melaju sampai ke perempat final.

Rekor-rekor di Liga Champion Eropa
Mengenai rekor memang sudah tidak asing lagi bagi Barcelona, dan ini adalah beberapa rekor yang pernah diraih oleh Barcelona pada kompetisi Liga Champion Eropa:
Kekalahan terbesar: Dinamo Kylev berhasil menang dengan skor 0-4 pada musim 1996/1997 dan final Liga Champion 1993/1994 melawan AC Milan dengan skor 0-4.
Kemenangan terbesar: 6-0 ketika melawan Celtic di babak penyisihan grup pada tahun 2015/2016.
Kemenangan terbesar tandang: menang 5-0 ketika melawan BOTE Borisov pada babak penyisihan grup musim 2010/2011.

Itu dia fakta menarik mengenai Barcelona pada kompetisi Liga Champion. Buat kamu yang mau tahu informasi lainnya mengenai Liga Champion, silakan tonton langsung pertandingan serunya hanya di Vidio.com. Kamu bisa download aplikasi Vidio.com dan menginstalnya pada gadget kamu. Kamu bisa nonton Liga Champion dimana saja dan kapan saja. Selamat menonton!!

Post a Comment

0 Comments