Pilihanku Pesan Nasi Tumpeng Jakarta

Salah satu kuliner khas Indonesia yang menjadi favorit di hampir berbagai acara ialah Nasi Tumpeng. Pada artikel kali ini blog artikel gue akan share mengenai berbagai jenis nasi tumpeng yang terdapat di Indonesia aku tertarik membahas ini karena sebelumnya teman aku baru saja Pesan Nasi Tumpeng Jakarta untuk acara kantornya . Oh iya untuk teman teman yang belum tau apa itu nasi tumpeng nasi tumpeng ialah nasi yang dibentuk dengan kerucut dan berwarna kuning yang biasanya di Indonesia digunakan untuk keperluan selamatan atau peresemian suatu acara atau keperluan lain.  


Pesan Nasi Tumpeng Jakarta



Ada beberapa nasi tumpeng yang biasa dikenal dalam adat jawa diantaranya ialah : 

1. Tumpeng Kuning
Jenis tumpeng ini mungkin jenis tumpeng yang paling familiar diantara jenis tumpeng lainnya. Dan memang tumpeng kuning kerap kali digunakan diberbagai acara-acara yang ada di Indonesia.  Seperti namanya Tumpeng kuning ini nasinya berwarna kuning yang mana warna kuning tersebut biasanya didapat dari warna kuningnya kunyit. Untuk tambahan lauknya pada tumpeng kuning ini sendiri biasanya urap, ayam , tempe , tahu atau telur.

2.  Tumpeng Putih
Tumpeng putih mungkin sedikit lebih jarang ditemui dibanding tumpeng kuning . Tumpeng putih sendiri biasanya dihiasi dengan urap dengan bumbu yang tidak pedas yang diletakan mengelilingi pinggir tumpeng.  Pada penyajiannya jumlah sayur dan bahan urap haruslah ganjil.

3.  Tumpeng Ghundul
Tumpeng jenis ini alah jenis nasi tumpung yang biasanya disajikan polos atau tanpa tambahan hiasan lauk pauk pelengkap seperti tumpeng kuning dan tumpeng putih.

4.  Tumpeng Ropoh
Tumpeng Ropoh ialahj jenis nasi tumpeng putih yang dihiasi pisang raja dan pisang pulut.

5. Tumpeng Kencana
Untuk tumpeng kencana sendiri ialah jenis nasi tumpeng yang dibuat dari ketan dengan tambahan lauk telur dadar dan juga urap. 

6. Tumpeng Panggang
Jenis nasi tumpeng ini ialah Tumpeng yang biasanya lauknya berupa ayam panggang.

7. Tumpeng Dhuplak 
Merupakan jenis tumpeng yang lauknya memakai telur ayam rebus, tahu, tempe, urap dan ayam panggang.

Nah itu tadi beberapa jenis nasi tumpeng yang sedikit aku ketahui. Oh iya untuk teman teman yang memerlukan Nasi Tumpeng atau ingin memesan nasi tumpeng bisa memesannya secara online lewat https://royaltumpeng.com/

Post a Comment

1 Comments

  1. Betul itu, tapi jangan lupa untuk nyobain Wisata kuliner di Malang, atau Wisata kuliner di Bandung, atau enggak Wisata kuliner di Bali yang tentunya enak tapi tidak terlalu membuat badan bisa rusak.

    ReplyDelete