Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

 

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak


Sering sekali kita mendengar mengenai ajakan untuk para orang tua agar lebih memperhatikan tumbuh kembang anak. Hal ini karena orang tua merupakan lapisan pertama di masyarakat yang membantu anak untuk belajar banyak hal

Misalnya saja belajar mencurahkan emosi untuk pertama kali, belajar mengenali orang lain untuk pertama kali, hingga belajar komunikasi untuk pertama kalinya. Sehingga penting sekali memperhatikan peran orang tua dalam mendidik anak keluarga ini.

3 Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Pendidikan anak tidak hanya bergantung kepada guru di sekolah. Melainkan di mulai dari aspek terdekat mereka, yaitu orang tua. Sehingga penting sekali orang tua memperhatikan anak mulai dari bayi hingga dewasa kelak.

Lalu, bagaimana dengan peran sekolah? Sekolah di sini memiliki fungsi sebagai pemberi pengatahuan tambahan agar anak bisa bersosialisasi dengan lapisan masyarakat yang lain.

Nah, apa saja nih peran orang tua terhadap anak yang harus diperhatikan? Langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut.

Orang Tua Diharapkan Mampu Sebagai Pelatih

Sebagai pelatih, orang tua bisa memberikan dasar-dasar untuk membantu anak dalam hidup bermasyarakat. Di sini bisa dimulai dari usia 1 sampai 7 tahun. Namun, menjadi pelatih sendiri sebenarnya tugas orang tua sampai anak benar-benar mampu menjadi dewasa dan bertanggung jawab terhadap pilihannya.

Contoh yang bisa orang tua ajarkan sejak dini adalah mengajarinya makan sendiri, bersikap sopan santun, menggunakan toilet sendiri, hingga memilih barangnya sendiri secara sederhana seperti memilih warna.

Orang Tua Sebagai Terapis

Menjadi terapis tidaklah mudah, kunci utamanya adalah ketenangan emosi orang tuanya terlebih dulu. Misalnya saja anak menangis meraung-raung. Sikap orang tua dalam mendidik anak untuk hal ini adalah membiarkan anak sampai selesai menangis sambil dipeluk atau dielus kepalanya. Biarkan anak selesai mengeluarkan emosinya, baru setelah itu Anda bisa bertanya kenapa anak menangis dan memberikan nasihat atau saran yang diperlukan.

Orang Tua Penyedia Sarana Belajar

Menjadi penyedia saranan belajar ini, orang tua bisa dengan memenuhi nutrisi harian anak agar mendukung tumbuh kembangnya. Juga, dengan memberikan bacaan atau tontonan yang berkualitas. Sebisa mungkin orang tua bisa menjadi tempat untuk anak bertukar pikiran ketika anak bertanya sesuatu hal yang mereka tidak tahu.

Nah, itu dia 3 poin penting peran orang tua dalam mendidik anak. Anak merupakan kanvas putih yang hasilnya tergantung dari peran orang tua. Mari kita siapkan diri agar mampu menjadi orang tua yang baik dan bisa mendukung tumbuh kembang anak hingga dewasa nantinya.

Referensi :

https://www.fimela.com/parenting/read/4351926/6-peran-orangtua-dalam-mendidik-anak

https://www.nutriclub.co.id/article-balita/stimulasi/tumbuh-kembang-anak/peran-orang-tua-dalam-mendidik-anak

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/24/23223121/3-peran-orangtua-didik-anak-di-era-zaman-now?page=all 


Post a Comment

0 Comments