Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Tulang


osteoporosis
Kesehatan tulang sangat berpengaruh dari apa yang kita makan dan minum, sebaiknya
dari sekarang hindari makanan dan minuman yang bisa memicu osteoporosis, seperti yang szchanto.com kutip dari liputan6.

Bukan fakta baru kalau kalsium dan vitamin D diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Beberapa makanan bisa menjadi alasan penyebab tulang lemah sebagai akibat dari menurunnya kepadatan tulang. Ini adalah alasan utama makanan dapat membuka jalan bagi osteoporosis.

Makan dengan diet seimbang--banyak susu, ikan, buah-buahan dan sayuran--akan memberikan jumlah nutrisi yang cukup dan baik yang diperlukan untuk membangun dan meningkatkan kepadatan tulang.

Makan terlalu banyak protein dapat menghasilkan bahan kimia tertentu yang disebut sulfat, yang dapat menyebabkan kalsium untuk keluar tulang. Anda juga perlu menyesuaikan diet untuk mengkompensasi jumlah nutrisi yang hilang karena beberapa kesalahan dalam pilihan diet.

Berikut adalah informasi untuk mengetahui tentang makanan yang bisa menyebabkan osteoporosis seperti dikutip dari situs Boldsky, Minggu (15/01/2017):

1. Terlalu Banyak Protein

Seperti disebutkan di atas, sulfat hadir dalam makanan berprotein menyebabkan tulang untuk mencuci keluar kalsium dari tulang. Oleh karena itu, Anda harus ingat untuk menghindari makanan kaya protein makan berlebihan yang dapat menyebabkan osteoporosis.

2. Minuman berkafein

Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa minum terlalu banyak kopi (lebih dari 4-5 cangkir) dalam satu hari meningkatkan risiko patah tulang. Tidak apa-apa untuk memanjakan diri dalam meminum kopi Anda, tetapi ada batas tertentu untuk semuanya. Minuman cola dan diet cola juga membuat keropos tulang pada wanita.
Vitamin A dan Sodium

3. Retinol vitamin A

Penelitian telah mengkonfirmasi bahwa wanita yang menggunakan Vitamin A dalam dosis melebihi 3000 mikrogram akan menghadapi peningkatan risiko menderita patah tulang pinggul. Bentuk retinol vitamin A bisa makanan seperti hati, kuning telur, produk susu dan suplemen makanan.

4. Makanan kaya sodium

Terlalu banyak natrium dalam makanan akan menyebabkan ekskresi kalsium melalui urine dan keringat. Sodium dapat ditemukan di garam meja dan makanan olahan.

5. Oxalates

Ini adalah bentuk lain dari garam yang dapat mencegah Anda dari menyerap kalsium ke dalam tulang, jika oksalat dan kalsium dalam produk makanan yang sama. Ubi jalar adalah contoh makanan yang mengandung oksalat.
Alkohol dan gandum

6. Wheat bran/Kulit ari gandum

Wheat bran/Kulit ari gandum adalah jenis makanan yang mengurangi penyerapan kalsium bahkan ketika dimakan bersama dengan makanan yang kaya kalsium. Ini berisi phytates yang mengganggu proses penyerapan kalsium dalam tubuh.

7. Alkohol

Konsumsi berlebihan minuman beralkohol dapat dikaitkan dengan densitas tulang diturunkan dalam tubuh, seperti alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan Vitamin D ke dalam tulang.

Post a Comment

0 Comments